03 Juli 2008

Berkunjung ke Cimory dan peternakan sapi perah

Cimory

Setelah kegiatan membuat pizza, kids club kembali berkumpul dan mengadakan kunjungan ke Cimory dan peternakan sapi perah. Kali ini setiap peserta dipungut biaya Rp55.000, berlaku juga bagi orang dewasa yang mendampingi. Cimory sejatinya adalah resto dan cafe, konon namanya adalah singkatan dari Cisarua Mountain Diary. Kami sampai sekitar jam 9 pagi lewat dikit. Di sini terdapat playground yang cukup luas dengan berbagai permainan seperti prosoton, ayunan berbagai bentuk, dan jungkat-jungkit. Playground makin ramai setelah para peserta berdatangan, anak-anak sangat senang menemukan banyak tempat bermain. Setelah peserta lengkap, sekitar jam 10.30 rombongan berangkat ke peternakan sapi perah yang dikelola oleh Cisarua Integrated Farming (CIF). Lokasi peternakan terletak di dekat Taman Safari, jalan masuknya pun sama.

Di CIF anak-anak berkesempatan melihat langsung puluhan sapi dan memberi makan berupa rumput gajah. Lalu kami di bawa ke sebuah kandang kecil yang hanya berisi dua ekor sapi. Katanya, kedua sapi ini sengaja disiapkan untuk demonstrasi bagi para pengunjung tour. Seorang staf menerangkan tentang pemeliharaan sapi dan aturan pemerahan. Seekor sapi dewasa baru bisa diperah susunya setelah berumur 2,5 tahun dan melahirkan anak pertama. Rata-rata seekor sapi bisa menghasilkan sampai 30 liter susu setiap hari. Tidak seperti ASI, ternyata susu sapi ada basinya. Maksudnya, jika susu sapi ngak diperah secara maksimal, artinya ada susu yang tertinggal, justeru akan menjadi penyakit bagi sapi. Asyiknya, selain didemonstrasikan para peserta juga diberi kesempatan untuk mencoba memerah susu sapi. Sayang, Byrru dan Aqila agak enggan melakukannya, mungkin agak takut. Ah payah.

Dari demonstrasi memerah susu, rombongan menuju sebuah kandang anak-anak sapi. Pengunjung boleh masuk kandang, mengelus anak sapi, bahkan ikut menyusui anak sapi, maksudnya susu khusus yang disimpan di botol. Di salah satu sudut, Manajer Operasional CIF mendemostrasikan pasterisasi susu segar, dan menerangkan berbagai seluk beluk tentang penanganan susu segar, termasuk informasi tentang pengolahan susu kemasan seperti susu bubuk dan susu kental. Ujung-ujungnya, sang manajer mempromosikan konsumsi susu segar yang lebih alami. Yup, setuju Pak Manajer! Sementara ibu-ibu dan bapak-bapak mengikuti pelajaran tentang susu segar, anak-anak kembali bermain sepuasnya karena ternyata di sini juga ada playground yang ngak kalah luasnya dengan yang di Cimory.

Selesai kunjungan CIF, rombongan kembali ke Cimory untuk istirahat dan makan siang. Lalu dilanjutkan dengan kunjungan ke pabrik pengolahan susu segar milik Cimory. Nah di sinilah baru terlihat hubungan yang jelas antara Cimory dan CIF. Keduanya adalah perusahaan yang berbeda dam berdiri sendiri. CIF memasok susu segar dan Cimory mengolahnya menjadi susu kemasan dalam botol. Sebagai suvenir, setiap peserta mendapatkan satu botol susu coklat dingin ukuran 800 ml dan sebotol yoghurt stroberi ukuran 250 ml. Hmmm, sedaaaap.

Meskipun banyak kekurangan dari tour ini, tetap ada rasa puas bisa melihat langsung peternakan sapi perah. Dan anak-anak pun senang.
Blogged with the Flock Browser

6 komentar:

  1. Wah, asik ya! Sangat mendidik. Apakah untuk tour ke sana harus rombongan atau bisa perseorangan? Gimana rasa susunya? Lebih enak Cimory ato merk yang sudah terkenal? (blm pernah coba susu Cimory, sementara keluarga penggemar susu)

    BalasHapus
  2. aku suka bgt susunya.

    BalasHapus
  3. Hai Bu.. saya sangat ingin bisa melakukan kunjungan ke tempat sapi perah itu dan ikut memerah sapi, kira2 Ibu tau tidak prosedur yang perlu saya ikuti? Apakah di Cimory ada batasan jumlah orang untuk bisa melakukan itu? Dan kontak personnya di Cimory? Terima kasih ya bu.. :)

    BalasHapus
  4. Susu Cimory sangat enak.pasti proses produksinya sudah sesuai denga SOP yang berlaku.Kemasannya juga sangat bagus.

    BalasHapus
  5. assalam ibu saya ingin bisa melakukan kunjungan ke cimor,,,caranya bagai mana ya,,,,adakah kordinator cimory yang bisa ya hubungi

    BalasHapus
  6. Coboy cimory6/4/16 10:42

    Dapatkan pengalaman seru yang berbeda dan mendidik melalui kegiatan Daily Tour Cimory Cisarua dengan minimal 20 orang/gruop. Hanya seharga 100rb/pack sudah termasuk :
    - Welcome Drink
    - Makan Siang
    - Goodybag
    - Milkshake
    - Voucher Chocomory Chocolate 5%
    Dairy Tour Cimory, Feel the experience and education,
    Untuk Reservasi Hubungi Rima Cimory 0813-22715154

    BalasHapus